Thursday, May 17, 2007

Mimpi itu Indah Bung !!

Andre P Therik

Seandainya dunia maya atau internet sudah diperkenalkan secara baik, utuh dan konsisten lima belas tahun yang lalu di NTT , maka saat ini telah ada ratusan ribu pengguna jasa internet di NTT yang akan menikmati kelebihan informasi internet setiap hari, ribuan anak SMA dan mahasiswa akan menghabiskan waktunya luangnya di perpustakan untuk memburu informasi pengetahuan dan pendidikan, pejabat negara mulai dari Bupati/Walikota sampai dengan Kepala Desa/lurah akan memulai rutinitas paginya dengan mengecheck apakah ada surat elektronik yang masuk atau tidak dan ratusan tamatan sarjana akan mendapatkan kesempatan belajar keluar negeri untuk program paska sarjana setiap tahunnya.

Kata seandainya bisa berarti mimpi dan mimpi-mimpi itu harus terus dikejar sampai menjadi kenyataan atau paling tidak mendekati apa yang pernah menjadi harapan. Ide yang sangat sederhana dan tidak keliatan seperti ingin membangun “rumah jabatan walikota”, adalah berawal dari mimpi untuk memajukan daerahnya. Mimpi bahwa semua anak NTT mempunyai hak yang sama untuk belajar,menulis,berbagi dan menatap “rumah”nya. Rumahnya ini kelak akan menjadi sebuah bank hidup untuk informasi pendidikan, informasi karier, informasi adanya keadilan dan pemerataan hasil-hasil pembangunan dan kecurangannya, informasi mengenai perjalanan hidup anak NTT dimana saja dia berada, baik didalam ataupun di luar negeri dan akhir informasi baru tentang mimpi baru yang kreatif dan inovatif untuk hal yang lainnya.

Jalan masih panjang dan berliku ,walaupun KabarNTT bukanlah acara televisi Republik Mimpi di Indonesia atau Oprah Winfrey Show di Amerika, yang pasti telah digemari akan ditonton oleh jutaan pemirsa televisi, tapi paling tidak Kabar NTT yang masih seumur jagung bisa menjadi tempat alternatif untuk para generasi muda dan akademia agar terbiasa berekspresi, berkreasi and berinovasi untuk mewujudkan mimpinya.
Mimpi selanjutnya dari KabarNTT adalah bagaimana mempertahankan dan mengisi secara rutin informasi-informasi dan tulisan, supaya memberikan nuansa baru yang penuh semangat, kebersamaan untuk memajukan NTT tercinta.

Selamat buat KabarNTT, dan ternyata Mimpi itu memang Indah bila telah menjadi kenyataan dan kenyataan dari mimpi yang indah juga mempunyai tantangan.

1 comment:

KabarNTT said...

Mudah-mudahan terwujud mimpinya. Mudah-mudahan di kabupaten-kabupaten semakin diusahakan adanya internet. Termasuk di Sumba Barat, Ngada, dan Lembata.